Kamis, 09 Oktober 2014

Siapkan Investasi Sedini Mungkin Untuk Buah Hati Anda (Financial Consulting)

Semua orangtua pasti bercita-cita ingin anaknya berhasil dan mandiri. Berhasil dan mandiri akan terwujud bila pendidikan anak sukses dan diikuti oleh karir yang sukses pula. Pendidikan tak urungnya seperti sebuah kail yang diberikan oleh orangtua untuk membekali anak-anak agar nantinya dapat mandiri dan sejahtera hidupnya.

Disini sebuah kail dapat diartikan sebagai bekal pendidikan sekolah yang berkualitas. Berbicara tentang sekolah berkualitas, sudah pasti sangat berhubungan erat dengan biaya besar dan mahal. Itulah tanggung jawab dari setiap orangtua yang harus dipikirkan dan diusahakan sejak dini agar cita-cita orangtua dan terutama sang anak dapat tercapai.
Melanjutkan artikel edisi bulan Mei, tak ada salahnya jika di dalam artikel edisi bulan Juni ini kita membahas tentang persiapan apa yang harus dilakukan orangtua agar anak-anaknya dapat bersekolah di sekolah berkualitas, dan produk apa yang cocok untuk investasi pendidikan anak.
Persiapan yang dilakukan orangtua untuk pendidikan anak…
Memasuki bulan Juni-Juli, dahulu para orangtua akan terlihat sibuk mencari sekolah setelah mengetahui anaknya telah lulus. Saat itu masuk ke sekolah favorit berkualitas tak terlalu sulit, mereka tak perlu mengikuti tes untuk penerimaan murid baru.
Tapi jaman sudah berubah. Saat ini masuk ke sebuah sekolah favorit berkualitas tidak lagi menunggu saat kelulusan tiba. Karena jauh sebelum kita mengetahui lulus atau tidak, sekitar 6 bulan sebelum masuk ke sekolah yang baru, sekolah-sekolah favorit berkualitas ini telah membuka pendaftaran dan mengadakan  tes yang harus diikuti oleh calon siswa agar dapat diterima di sekolah tersebut. Ini berlaku mulai Playgroup sampai dengan S2.
Dan sudah barang tentu, jika tesnya lulus, orangtua harus segera melunasi biaya masuk sekolah yang biasa disebut Uang Pangkal, juga uang seragam, uang kegiatan dan biaya-biaya lain, tergantung kegiatan yang sering diadakan di sekolah itu. Inilah saat-saat orangtua merasakan betapa mahalnya biaya yang harus disediakan untuk masuk ke sekolah favorit berkualitas  tersebut.
Sudah siapkah para orangtua untuk itu?
Tidak semua orangtua peduli akan pentingnya berinvestasi untuk pendidikan. Rata-rata mereka menganut paham "bagaimana nanti". Jadi begitu tahu berapa biaya yang diperlukan barulah orangtua mencari dana kesana kemari bahkan bisa sampai berhutang demi supaya anaknya dapat masuk di sekolah favorit berkualitas tersebut.
Lalu langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan oleh para orangtua untuk menyiasatinya?

1. Cari informasi jauh-jauh hari.
Carilah informasi tentang sekolah favorit berkualitas yang ingin dituju baik dari kualitas, biaya masuk dan biaya-biaya lain yang berhubungan dengan proses belajar melalui internet, telepon atau datang langsung ke sekolah yang bersangkutan.

2. Cek kondisi keuangan.
Pastikan kondisi keuangan Anda cukup sehat sehingga ketika akan menyisihkan untuk investasi pendidikan tidak mengganggu cashflow per bulannya.

3.Cari produk investasi yang sesuai dengan waktu pencapaian target investasi pendidikan.
Misalnya, anak Anda akan masuk ke sekolah TK 2 tahun lagi. Lalu Anda berinvestasi dalam bentuk properti. Investasinya sudah benar tapi peruntukannya yang belum tepat. Properti tidak mudah untuk diuangkan, butuh waktu yang lama, bisa berbulan-bulan, bertahun-tahun, atau kalau sedang  hoki bisa hanya dalam hitungan hari. Jadi sulit untuk diprediksi.

4.Gunakan jasa konsultan.
Untuk memudahkan Anda dalam melakukan investasi pendidikan anak, ada baiknya Anda menggunakan Jasa Konsultan yang dapat membantu melihat kondisi kesehatan keuangan Anda, menunjukkan bagaimana cara berinvestasi dan mengarahkan produk apa yang tepat untuk tujuan-tujuan investasi Anda.

Produk Investasi terbagi dalam 2 jenis:
1.Produk dengan penghasilan tetapcontohnya: tabungan, deposito dan asuransi pendidikan.
2.Produk dengan penghasilan bertumbuh, contohnya: emas, reksadana, properti, obligasi, saham, dsb.

Untuk menentukan produk yang sesuai dengan investasi pendidikan anak Anda, sebaiknya dilihat terlebih dahulu jangka waktu target investasi pendidikannya. Kebutuhan dana masuk dari TK sampai Perguruan Tinggi nantinya tidak dapat disamakan dengan kondisi saat ini. Harus disesuaikan dengan tingkat inflasi dan rata-rata tingkat kenaikan biaya sekolah tiap tahunnya sampai anak Anda masuk ke sekolah itu nantinya. Semua mempunyai jangka waktu pencapaian yang berbeda-beda.

Tips memilih produk investasi sesuai dengan jangka waktu pencapaiannya:
  1. Jika target investasi pendidikan anak Anda dibawah 2 tahun sebaiknya berinvestasi dalam bentuk tabungan, deposito atau asuransi pendidikan, karena memberikan kepastian meskipun hasilnya tidak begitu besar.
  2. Jika target investasi Anda berkisar 3-5 tahun, Anda dapat berinvestasi dalam bentuk Emas atau Reksadana Pendapatan Tetap.
  3. Jika jangka waktu target investasi pendidikan anak Anda berkisar 6-9  tahun, Anda dapat berinvestasi dalam bentuk Emas dan Reksadana Campuran.
  4. Dan jika jangka waktu target investasi pendidikan anak Anda berkisar 10-15 tahun ke atas  Anda dapat berinvestasi dalam Reksadana Saham dan Properti.

Jangan ragu. Mari berinvestasi untuk buah hati kita, bekal hidup mandiri dikemudian hari.


salam, Yakin Hidup Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar